Sabtu

Indonesia Raya

Berdiri dan bangkitlah ! Tegapkan badan ragamu dan tegakkan jiwamu! Karena kepada hatimu sedang diperdengarkan puncak perjalanan ruh bangsa, setelah melintasi gelapnya berabad-abad kehidupannya, setelah diamnya dalam belenggu di bawah kaki bangsa lain, setelah darah dan air mata basah membanjiri setiap jengkal tanah dan airnya. Bangun dari kemalasan jiwamu, berdiri dan bangkitlah !! Karena kepada hatimu sedang dipaparkan berpuluh juta wajah, yang tlah serahkan jiwa dan raganya untuk kebebasan dan kemerdekan bangsa mu!! Kemerdekaan tanah dan airmu ! Kemerdekaan jiwa-jiwa para orangtua orangtua mu!


Jangan jadikan semuanya sia-sia dan terlupa. Ada darah di gengaman tanganmu..darah mereka yang telah basahi setiap perjalanan bangsa ini. Yang sekarang berseru kedalam jiwa hatimu..


”Dengarkan teriakan kami! Dengarkan seruan kami! Teruskan langkah perjuagan kami! Cita-cita dan mimpi ke arah mana ruh bangsa ini menuju..masihlah jauh di balik cakrawala!! Jangan berhenti, jangan tertipu! Kepalkan tanganmu, berdiri! Bangkit, wahai putera-puteri bangsa ini !!.


Indonesia tak akan pernah mati selama jiwa kalian terus diisi dengan gemuruh yang suaranya menggetarkan segala bangsa-bangsa di dunia! Indonesia tak akan pernah sirna, selama jiwa kalian terus diisi kesadaran bahwa rakyat semua harus terus dididik, diayomi, diasuh, dan dibesarkan. Sebagaimana kalian mengasuh dan menumbuhkan dengan rasa sayang tanamanbunga kalian! Demikian pulalah jiwa bangsa ini harus terus kalian jaga, pelihara, asuh, bina, didik, dan hidup-hidupkan sepanjang lintasan masa!!..”


Berdiri dan bangkitlah! Inilah suara dari leluhurmu! Puncak cita-cita bangsamu, puncak impian tanah dan airmu!!..Menangislah, wahai air mata yang digerakkan oleh jiwa-jiwa !! Dimanapun kalian berada saat ini! Menangislah!!!....


Hangatkan hati dan jiwamu

Dengan nyanyian ruh tanah dan air darimana kalian dilahirkan ini !!

Berdiri dan bangkitlah….untuk bangsa mu: Indonesia Raya !!..



Indonesia Raya 1945: http://www.youtube.com/watch?v=0ybhFIhE6fs

...


Tidak ada komentar: